Review of Suara Penggempar Dunia (SPD #4) - Dead Man Stage



SPD merupakan acara rutinan dari UKM Musik Sicma UNY, dan ini adalah tahun ke-4 event ini digelar. Kali ini SPD #4 bertema Suara Penggempar Dunia yang bertajug "Dead Man Stage", adalah sebuah event yang dikemas dengan suasana mistis, seram, dan menegangkan. Konsep ini diusung karena teman-teman Sicma yang merasa bosan dengan event musik yang pada umumnya hanya menampilkan musik saja selama pertunjukkan berlangsung. Tema ini diambil dari maraknya wahana rumah hantu yang kian diperbincangkan di masyarakat Jogja belakangan ini.

Siang itu cuaca terik kembali terasa sebelum gelap membayangi langit Jogja. Saya mendapat pesan singkat bahwa salah satu teman sedang cek sound di FBS UNY, dan akhirnya buru-buru saya gas poll kesana. Sesampainya disana, langsung menyapa teman dari beberapa band yang saya kenal, dan tak lama saya menghampiri panitia untuk meminta ijin streaming acara ini nanti malam serta sedikit bertanya tentang detail acaranya.

Malamnya saya bergegas berangkat agar tak didahului oleh hujan yang senantiasa setia menemani rembulan belakangan ini. Bersama beberapa teman dari komunitas photografer akhirnya saya tiba disana, walaupun terlambat. Saya melewatkan beberapa band yang bermain di awal karena harus menyiapkan peralatan streaming sembari menggunakan hape senter karena suasana di stage tejokusuman gelap dan mistis. Seisi gedung tedjokusumo diubah menjadi lebih mistis dengan pernak pernik ala filem horror, dan juga para hantu terlihat berkeliaran diatas panggung selama pertunjukkan berlangsung. Exposit dan Kontemproduk sukses membuka perunjukkan malam itu. Dilanjut dengan Foxy yang mengcover lagu dari Zeppelin dan The Doors, suasana kian riuh oleh mars penonton yang bernyayi, banyak juga penonton yang beranjak masuk karena diluar hujan turun dengan lebatnya, dan ruangan mulai terisi penuh kala itu. Medium dengan balutan lagu romantisnya yang mendinginkan suasana setelah foxy, tak berapa lama Sophia kembali memanaskan suasana dengan distorsi dan personil yang kesemuanya adalah wanita. Troy melanjutkan dengan aksi energik para personilnya, dan tentunya dengan vokalis wanita yang tak kalah arogan dari band sebelumnya.

Suasana kian panas, barisan depan mulai terisi oleh penonton yang haus akan arena moshpit. Belum lengkap personil FSTVLST naik, melody masyarakat telah berkumandang dari arah penonton. Lagu demi lagu dimainkan oleh punggawa almost rock, kehangatan mulai terjalin diantara ruang sempit tanpa barikade, keringat mulai berjatuhan, dan riuh makin terdengar hingga lagu terakhir dimainkan, sempat juga terlontar khotbah manis dari sang vokalis pada beberapa jeda lagu sebelummya, dan akhirnya FSTVLST sukses menutup panggung Dead Men Stage malam itu.

Live streaming by www.mpukiyups.com

Berikut beberapa adegan suasana mistis yang terekam :