Review Stickman First Anniversary


Kiad, Rifqi, dan Sabil. Ya, mereka adalah stickman yang baru saja mengadakan acara anniversary, kamis 1 Mei 2014 kemarin. Kurang lebih selama 1 tahun dalam sebuah wadah yang bernama MABES Musik UAD mereka berkumpul, bertukar pikiran, dan berkarya bersama teman-teman yang sepemikiran dan tak sepemikiran. Dalam acaranya mereka tidak mau menyebut bahwa itu adalah acara anniversary mereka, melainkan mereka menyebutnya panggung nostalgia. Acara yang berlangsung di Warung Ngopi Bjong Nologaten Yogyakarta, membawa mereka kembali mengenang panggung awal mereka disana.
Acara yang sempat molor karna hujan tidak menyurutkan mereka karena teman-teman yang hadir telah membakar semangat mereka. Tepat pukul 8 malam Sweet Disposition lagu dari Tamper trap menjadi pembuka acara mereka dengan berkolaborasi dengan Dina dan Ichan PlanUp pada vocal dan gitar. Lagsung disusul lagu kedua dan ketiga dari Efek Rumah Kaca, Cinta Melulu yang berkolaborasi dengan Dio yang mengganti suara vocal kiad dan Balerina dengan Haris MFA yang membuat kiad beristirahat sejenak dengan tidak memainkan bassnya. Lagu semakin sendu hingga lagu keempat yang berkolaborasi dengan Labib Janotama pada bass yang membawakan Resah dari Payung Teduh. Suasana sendu membuat dingin malam itu menjadi hangat oleh teman-teman yang datang dan bernyanyi bersama. Hampir semua penampilan stickman malam itu berkolaborasi dengan para musisi dari MABES Musik UAD. “Ada beberapa temen-temen yang memang sudah ngajak kolaborasi dan waktu yang sempet ya malam ini. Kita juga memang ingin berkolaborasi sih dengan mereka. Biar hancurnya musik stickman ketetup :D” ujar Rifqi dalam sela-sela penampilannya.


Tiba pada lagu ke 5, stickman hanya tampil bertiga mencoba membawakan single lagu mereka yang berjudul Kembalikan Indonesia. Pada lagu ini audience dikejutkan oleh penampilan teatrikal dari Ahdi “theater 42”, yang membuat acara semakin meriah pada sesi pertama. Saat jeda break diputar video documenter stickman. Gurau tawa dan senyum terlihat dari teman-teman yang hadir selama melihat tingkah mereka dalam video. Masuk sesi kedua ada penampilan dari PlanUp yang tiba-tiba memberi kejutan kepada stickman dengan memberi cake. Lalu ada KLTRS yang membuat sendu suasana dengan lagu Desember dan Di Udara dari Efek Rumah Kaca, dan lagu dari The Milo menjadi lagu penutup mereka.

Sebelum penghujung acara, stickman tampil kembali dengan 2 lagu dari Efek Rumah Kaca berkolaborasi dengan Harif Indra dalam lagu Kau dan Aku Menuju Ruang Hampa dan Ai "Banana for Silvy" dalam lagu Mosi Tidak Percaya. Mereka moncoba memeriahkan suara gitar stickman dalam dua lagu terakhirnya. Tiba pada penhujung acara, dan spontan Kiad meminta Banana for Silvy untuk memecahkan acara. Para personil BFS yang tidak mengetahui sebelumnya akan diminta untuk tampil mencoba tidak mengecewakan, Skinny Jeans, Gonna Kick Your Ass, dan Sepik-sepik Iblis adalah nomor yang dibawakan malam itu, dan seketika penonton bersorak saat air crush guitar terjadi menandai klimaksnya malam itu.
Dan berikut adalah gambar yang terekam :