Tsaatan, Coffe Faith, Giga Destroyer melakukan "INDEPENDENCE TOUR"


Yogyakarta adalah salah satu kota yang dimana warganya kaya akan kreativitas, perkembangan kreativitas warga yogyakarta sangatlah berkembang disetiap lini sampai saat ini. Perkembangan musik yang semakin luas dan kreative sering diselenggaran kota yogyakarta, termasuk diantanya event musik Noise.

Musik Noise adalah sub-genre dari Experimental Music yang dibuat dari susunan suara-suara yang aneh dan memekakan telinga, maka sering identik dengan berisik atau bising. Menjadi sesuatu yang aneh dalam sebuah komposisi musik, dimana musik berarti suara yang disusun rapi dengan nada-nada yang dimaksudkan untuk memanjakan telingan pengedengar. Akan tetapi lain halnya apabila suara-suara berisik tersebut kemudian diolah dan dikomposisikan sebagai menu utama sebuah karya musik yang disebut Noise.

Noise sendiri telah memberikan pengaruh besar pada dunia musik, noise mengubah cara pandang orang mengenai suara mana yang "musikal" dan "tidak musikal". Jogja Noise Bombing adalah komunitas kolektif terbuka untuk penggemar musik Noise, yang dimana Jogja Noise Bombing berkonstrasi pada xperimental audio, noise, harsh noise, ambient, drone, circuit bending, etc.

Jogja Noise Bombing mengorganisir tour pemain Noise baik dalam maupun luar Indonesia serta menginisiasi sebuah festival tahunan bertemakan, Jogja Noise Bombing Festival. Pada 15 januari 2017 festival bertaraf internasional ini tercatat pernah diikuti oleh artis Noise dari Amerika, Jepang, Singapura, New Zealand, Hongkong, Australia, Inggris, Malaysia, Perancis dan lainnya.


Tsaatan, Coffee Faith, dan Giga Destroyer akan melakukan sebuah Perjalanan Kemerdekaan. Dewasa ini musik noise mulai berkembang di berbagai pelosok belahan dunia termasuk di beberapa negara asia tenggara, termasuk Indonesia. Terdapat beberapa kelompok kolektif yang fokus di bidang musik Noise dan Eksperimental yang tumbuh di Indonesia. Jogja Noise Bombing adalah salah satu kelompok kolektif eksperimental/noise yang tumbuh di kota gudeg, Jogjakarta. Terdapat beberapa anggota didalam kolektif tersebut seperti Soda Dosa, Sulfur, Menstrual Synthdrone, Todie, Anxiety, dan lain sebagainya.

Pada agustus 2017 mendatang, 3 anggota dari Jogja Noise Bombing akan menggelar serangkaian tour di beberapa negara asia tenggata dengan tajuk "Independence Tour". Tsaatan, adalah sebuah projek RAW Drum dari Gilang Damar Setiadi dengan beberapa instrumen pukul yang dipadukan dengan suara kotor dari efek distorsi.

Coffee Faith, salah satu Unit Drone yang menggema sejak akhir 2014 dengan DIY Drone Synth, dan beberapa efek gitar. Ia sering kali memasukkan unsur-unsur Sejarah, Psikologi, Buddha, Hindu dalam setiap komposisinya. Ialah Rio Nurkholis Syaifuddin yang berdiri dibelakang coffee faith.

Giga Destroyer, Harsh Noise yang sering kali mengganti Namanya, berawal dari ULO, Radioactive Morbid, Morbat, Evill Jazz Mortus, hingga nama yang sekarang dikenakan. Akbar Adi Wibowo aktif sejak 2012 dalam menjalankan proyeknya tersebut.

Independence Tour akan diawali dari Kamboja (Cambodia) dari 11 Agustus 2017 dan berakhir di Malaysia pada 18 Agustus 2017.




Salam hangat,



otakotor