"Neraka Rakitan" Versi Depressive Club



Cirebon adalah salah satu kota berkembang di Jawa Barat dan juga sebagai negara dunia ketiga bagi para wisatawan yang ingin melancong ke Ibukota maupun kota-kota besar lainnya di pulau Jawa, kota ini juga (saat ini) merupakan salah satu tujuan dari band/grup yang sedang melakukan perjalanan/tour melintasi Jawa, menuju ke barat atau sebaliknya, baik band/grup yang berasal dari dalam maupun luar negeri. 
Beberapa tahun silam iklim pertunjukkan di kota ini sangat massive, hal ini bisa dilihat dari hadirnya salah satu kolektif kawakan serta venue yang cukup terkenal, dan mungkin juga hanya satu-satunya studio yang bisa dipakai untuk mengadakan acara, atau umumnya diebut 'Neraka Rakitan' oleh banyak penggiat gig di kota ini.

Namun sekitar 2 tahun belakangan acara sudah sangat jarang berlangsung di kota ini, entah karena sulitnya perijinan, kurangnya alternatif venue, atau karena berputarnya roda kehidupan pasca pembubaran salah satu kolektif paling berpengaruh di kota ini. Neraka Rakitan mulai meredup, tak ada lagi kabar penonton yang patah gigi akibat ramainya mosh dan hujan stage dive, atau kabar bahwa ada anggota band tour yang nyaris pingsan saat gig berlangsung karena kekurangan oksigen.

Beranjak dari kekacauan tersebut, kemudian datang kabar menggembirakan dari salah banyak teman di warung kopi trotoar jalan, adalah Depressive Club, sebuah gigs organizer di Kota Cirebon yang terbentuk dari semangat berjejaring dan membangun (katakanlah) lingkar pertemanan dan pergerakan dalam musik. "Kami dengan sengaja tidak melabeli apapun, baik itu untuk komersil atau non-komersil. Kami bukan pula Organizer Kolektif, tak mau merubah 'DIY/ KOLEKTIF' yg sakral menjadi profan hanya karena perbedaan persepsi, dan perspektif semata. Kami hanya sekedar ingin berjejaring, menghidupi hidup kami, bermusik, dan membangun lingkar pertemanan kami." ujar salah satu pelaku dari organizer ini yang enggan di sebutkan nilai rapornya. Mereka juga berujar bahwa sampai dengan akhir tahun 2017 ini sudah memiliki jadwal band-band yang akan mencoba neraka rakitan baru versi mereka. 

beberapa event yang sudah merega garap seperti :





Semoga dengan kemunculan bibit-bebet-bobot yang memiliki semangat serta ide-ide baru bisa kembali membangun panasnya lantai mosh neraka rakitan yang baru. Sila kontak depressive club (https://www.instagram.com/depressiveclvb/?hl=id) untuk menyesuaikan jadwal panggung kalian di neraka.


Salam depressive!