rayakan musim panas bersama sweet sweet palm sugar dari rrefal




Setelah single pertama keluar, dalam waktu kurang lebih setahun, Rrefal merilis album penuh pertamanya. Album yang dinamai "Sweet Sweet Palm Sugar" dirilis pada 23 Maret 2019, album ini terdiri dari 10 lagu yang sudah pernah dibawakan sebelumnya. Namun baru berhasil dirampungkan oleh Rrefal pada Maret 2019.

Rrefal adalah sebuah proyek alter ego dari Arif Refal Fiqrianto, terbentuk di Semarang pada tahun 2018 silam. 
Rrefal memainkan musik dream pop yang dikemas ala jizz-jazz, proyek ini dibantu oleh Daniel Aditya (drum), Dwi Renda Nugraha (bass), Adi Meus (saxophone), Adi Tius (gitar), dan Anastasia Cinantya (vokal latar, synth) yang kemudian ia sebut Legi Legi People. 

Pada tahun 2018, Rrefal sempat mengeluarkan single pertamanya, "oversized love". Lagu ini menceritakan tentang curahan singkat dari cerita cinta yang dirasakan Rrefal. Setelah merilis single pertamanya itu, Rrefal kemudian melakukan tour ke 3 kota di Kalimantan, yaitu Samarinda, Balikpapan dan Bontang, yang bertajuk Oversized Love East Borneo Tour 2018.

Album "Sweet Sweet Sugar Palm" bercerita tentang perjalanan riil yang dialami oleh Rrefal. Baginya setiap lagu di album ini direfleksikan sebagai rumah dengan ruang-ruang yang bagi penghuninya mempunyai makna dan fungsinya tersendiri. "Album ini menceritakan tentang kehidupan saya yang dianalogikan sebagai rumah. Jadi, selamat datang di rumah saya," tutur Arif Refal.

Album ini diproduksi dengan arahan musikal dari Luthfi Ardhianto (Pemilik Lofos Studios) dan Arif Refal. Album ini sudah tersedia di berbagai platform digital.


Rrefal - Sweet sweet palm sugar



Teks : Iwanblek