MABUK LAUT MANDIRI DI CONNECTIFIED TOUR 2018


Malas mengendarai motor, malam itu, Jumat 21 Desember 2018, saya memutuskan menggunakan layanan ojek online untuk menuju ke JNM, venue yang digunakan dalam gigs Connectified Tour 2018, yang sudah saya tunggu- tunggu beberapa hari sebelumnya sambil berjanjian dengan teman- teman para penikmat gigs di Yogyakarta. Tentu saja, saya tidak hanya menonton tetapi juga memotret band- band yang akan tampil pada acara tersebut. Connectified Tour 2018 chapter Yogyakarta ini disponsori oleh Bukamusik (salah satu divisi Bukalapak yang fokus di bidang permusikan) dan diorganisir oleh Hookspace-- sebuah media propaganda yang memperjuangkan mimpi, harkat, dan martabat pelaku industri musik di depan calon mertua, tulis mereka di profile Instagram @hookspace.

Tour ini merupakan pagelaran dua band independen yaitu Polka Wars dan The Panturas-- sebuah klab rock selancar kontemporer dari Jatinangor yang terbentuk pada tahun 2016 bersama dengan band dreampop Grrrl Gang. Dengan HTM 25.000 rupiah Saya sampai di venue sebelum acara dimulai  karena memang niatnya adalah ingin menonton secara keseluruhan khususnya The Panturas.

Penonton yang sebagian besar adalah anak muda mulai memenuhi pendopo JNM malam itu ketika Grrrl Gang naik panggung. Grrrl Gang membawakan lagu mereka yang ada di album Not Sad, Not Fulfilled-- album yang rilis November lalu. Para stagedivers mulai beraksi termasuk sang vokalis sendiri ketika mereka membawakan lagu Pop Princess dan Thrills.

Pertama kali manggung di Yogyakarta, The Panturas sukses dengan intim mengambil hati dan antusias penikmat gigs di Yogya. Saya yang biasanya hanya terima berdiri di belakang memutuskan untuk berada di barisan paling depan sehingga dapat memotret mereka secara close up dan detail. Dengan membawakan lagu- lagu mereka yang ada di album Mabuk Laut, Benar saja, penikmat gigs melakukan stagediving dengan Dora, perahu karet yang disediakan oleh The Panturas sendiri dan aksi tersebut berlangsung sampai lagu terakhir. Klimaksnya adalah ketika The Panturas membawakan Fisherman's Slut dan Ripped Pants (Spongebob Squarepants).

Polka Wars menjadi band terakhir dalam helatan Connectified 2018 yang menyuguhkan musik  chill dibanding The Panturas. Lagu- lagu yang dibawakan seperti Mapan, Mokele, Mandiri, dan Rangkum sukses diantarkan ke telinga para penikmat yang menonton pada malam itu.






































Teks & foto : Alni