MENIKMATI RILISAN FISIK SAMBIL NONTON GIGS: TOKO MUSIK PODOMORO 2018

Sebagai pemuda yang tinggal di Yogyakarta, rasanya saya tidak pernah kehabisan acara gigs untuk didokumentasikan apalagi tiap akhir pekan. Pada hari Sabtu tanggal 22 Desember 2018 kemarin misalnya, ada beberapa gigs misalnya di Pasar Ngasem dan di Kedai Kebun Forum (KKF). Saya memutuskan untuk menonton di tempat kedua karena dekat dengan tempat tinggal saya. Acara gigs tersebut adalah salah satu rangkaian acara Toko Musik Podomoro 2018, sebuah hasil kerjasama antara Jogja Record Store Club, KKF, dan YK Booking, yang masih akan berlangsung sampai 28 Desember 2018. Dengan agak buru- buru, saya menuju venue, memarkir motor dan langsung naik ke Ruang Aula KKF dengan memberikan donasi sebagai bentuk dukungan terhadap band yang akan tampil. Last Elise tampil pertama dan sayangnya saya hanya bisa menikmati lagu terkahir sebelum band kedua, Liburan Dirumah on stage.

Saya tetap memotret Last Elise dengan tipe wide shoot agar ketiga personel masuk dalam frame. Perlu diketahui, Ruang Aula KKF ini adalah salah satu spot stage yang keren untuk memotret wide shoot karena tempatnya yang terkesan luas, bersih, dan background yang tidak ruwet. The Jeblogs tampil membawakan lagu yang ada di EP mereka (Berantakan, Aku Ada, Mesin Waktu, dan Apa Yang) dan mengover lagu Ramones “Hey Ho, Let's Go” yang membuat penonton ikut larut dalam suasana punk rock dan sing along ketika mereka membawakan lagu ini. The Godspeed tampil sebagai penutup dengan membawakan lagu- lagu andalan mereka seperti Skirmish dan Vakantie. Suasana mulai seru ketika Abi, vokalis Godspeed mengambil bass yang sedang dimainkan oleh Merty (Bassis The Godspeed), dan mempersilakan Merty untuk melakukan crowdsurfing.

Sementara itu, pengunjung dapat menikmati, melihat- lihat, dan membeli rilisan fisik dari band jogja, band luar jogja, dan band mancanegara di Ruang Galeri KKF, tepat di bawah Ruang Aula. Ada juga pameran arsip Lokananta, Pojok Literasi oleh Warning Magz dan Indisczine Partij, pemutaran film, rilisan fisik preloved, serta merchandise berupa kaos dan alat pemutar musik lawas. Pelapak rilisan musik yang berpartisipasi dalam acara ini adalah Otakotor Records, LKJJN Corner, Altarapokalipz, Journey Coffee & Records x Loyal Desire, Jajanmusik, Limunlownoise, Lokananta, Yes No Shop, UD. Barokah,  Toko Musik Luwes, Rilisan Fisik, Pengerat Shop, Retroactive, dan Mindblasting.


































Teks & foto : Alni