BESIDE, Band Metal Asal Bandung Mewakili Indonesia Ke "Wacken Open Air 2017" di Jerman


Beside, band aliran metal asal Bandung bakal tampil menghentak panggung Wacken Open Air, bersaing dengan sejumlah band metal papan atas dari Eropa dan Amerika. Tampilnya Beside di WOA ini tidak terlepas dari inisiatif dan fasilitas dari DCDC, sebuah wadah kreativitas bagi musisi independen Indonesia.

Tak hanya sebagai wakil dari Indonesia, Beside merupakan satu-satunya band dari Asia yang bakal unjuk gigi di acara akbar tersebut. Sebelumnya, DCDC menggagas kompetisi Wacken MetalBattle Indonesia (WMBI) 2017 yang diikuti lebih dari 238 band metal dariseluruh Indonesia.

Di final tingkat nasional ini, beside bersaing dengan sembilan band lainya yang berasal dari beberapa kota di Indonesia seperti Gerram (Palembang), Hellcrust (Jakarta), Koil (Bandung), Nectura (Bandung), Neurosick (Malang), New Day Is Over (Banjarbaru), Sufirm (Bandung), Taring (Bandung), dan Trojan (Denpasar), setelah sebelumnya lolos dari tahap penyeleksian aransemen, produksi, dan aktifitas di Sosial Media.

Tampil setelah hujan reda, personel memanaskan suasana melalui aksi bertenaga, dan suguhan lagu sarat entakan. Mereka beraksi di panggung tanpa baju, seakan ingin menampakkan sikap solidaritas terhadap sebagian penonton yang berkondisi kuyup karena hujan-hujanan.


Tim juri yang terdiri atas Man Jasad, Dadan Ketu (manajemen Burgerkill), Adib Hidayat (Rolling Stone), John Resborn (The Metal Rebel, Swedia), dan Dom Lawson (Metal Hammer Magazine, Inggris) memperhatikan aksi para finalis secara saksama. Terdapat sejumlah kriteria yang menjadi penilaian, di antaranya yakni performa, karakter, serta kemampuan berinteraksi.

Dalam penampilannya, personel kerap menyerukan ajakan kepada penonton agar meluapkan seluruh tenaga. Adrenalin penonton tampak terpacu, melakukan moshing dengan pola gerakan acak. Hal itu semakin menebalkan pancaran semangat musik scene metal.

Dari kompetisi itu, keluarlah satu nama yakni Beside sebagai pemenang yang layak mewakili Indonesia dalam panggung WOA 2017 di Jerman.

Selain Beside, Wacken Open Air 2017 bakal diramaikan pula oleh sejumlah musisi dari seluruh penjuru dunia di antaranya adalah Aborted, Alice Cooper, Amon Amarth, Architects, Kreator, Marilyn Manson, Mayhem, Megadeth, Napalm Death, Nile, Orange Goblin, The Dillinger Escape Plan, Trivium, UK Subs, hingga Walls of Jericho. Jajaran lengkap penampil Wacken Open Air 2017 dapat dilihat lewat situs resmi wacken.com.


Beside yang telah terbentuk daritahun 1997 sejauih ini sudah mempunyai dua album, yakni “Against Ourselves (2008) dan “Eleven Heroes (2015). Beside akan membawakan empat lagu saat tampil di WOA nanti. Lagu-lagu itu adalah Spirit In Black, Ambisi Arogansi, Under Hollow, dan Dead of War. Empat lagu ini berasal dari album kedua mereka.


salam hangat,

otakotor